• Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
Sabtu, 4 Oktober 2025, 05:06 WIB
Walan
  • Home
  • Pemerintah
  • Nasional
  • Teknologi
  • Ekonomi dan Bisnis
  • Politik
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Wisata
  • Daerah
  • Lifestyle
  • Peristiwa
  • Advetorial
No Result
View All Result
Walan
  • Home
  • Pemerintah
  • Nasional
  • Teknologi
  • Ekonomi dan Bisnis
  • Politik
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Wisata
  • Daerah
  • Lifestyle
  • Peristiwa
  • Advetorial
No Result
View All Result
Walan
No Result
View All Result
  • Home
  • Pemerintah
  • Nasional
  • Teknologi
  • Ekonomi dan Bisnis
  • Politik
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Wisata
  • Daerah
  • Lifestyle
  • Peristiwa
  • Advetorial

CVT Motor Matik Terasa Lemah Saat Tanjakan, Kenali Penyebabnya Berikut Ini!

Walan. Id by Walan. Id
in Nasional, Otomotif, Pendidikan, Teknologi
0

Walan.id – Saat ini motor matic menjadi salah satu jenis kendaraan yang paling memiliki banyak peminat. Selain karena menawarkan kemudahan dalam berkendara, motor matic juga kerap digadang-gadang sebagai motor yang lebih hemat bahan bakar. Tak heran jika kehadirannya pun kemudian memikat banyak kalangan masyarakat untuk memilikinya.

Motor matik memang terkenal nyaman untuk berkendara di perkotaan karena penggunaannya yang praktis tanpa kopling dan tuas gigi. Namun, banyak pengguna motor matik yang mengeluh kalau performa motor terasa lemah atau loyo saat melewati tanjakan. Salah satu komponen penting dalam motor matik yang berperan besar di sini adalah CVT (Continuously Variable Transmission). CVT berfungsi sebagai sistem transmisi otomatis yang mengatur pergerakan motor tanpa perlu pergantian gigi manual.

Honda Keluarkan Motor Model Klasik 2024, Kamax Super Pro 125 Sudah Ada di Dealer lho?

Dilansir dari Website Honda, jika CVT motor matik kamu terasa lemah saat menghadapi tanjakan, ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan:

1. V-Belt Aus atau Longgar

V-Belt adalah komponen utama dalam CVT yang bertugas meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jika V-Belt sudah aus, kering, atau longgar, performa motor saat melewati tanjakan pasti akan menurun. Hal ini karena V-Belt tidak bisa mentransfer tenaga dengan maksimal. Solusinya adalah mengecek kondisi V-Belt secara berkala dan menggantinya jika sudah aus. Biasanya, V-Belt perlu diganti setiap 20.000 – 25.000 km, tergantung kondisi pemakaian.

2. Roller CVT yang Sudah Aus

Roller CVT berfungsi mengatur perputaran pulley di dalam CVT. Jika roller sudah aus atau beratnya tidak seimbang, kinerja CVT akan terganggu, terutama saat motor membutuhkan tenaga lebih besar seperti di tanjakan. Roller yang sudah tidak presisi akan membuat akselerasi motor menjadi lambat, dan tarikan terasa loyo. Solusinya, segera cek kondisi roller dan ganti jika sudah aus atau tidak seimbang.

3. Kampas Ganda yang Aus

Kampas ganda berfungsi sebagai komponen yang menghubungkan mesin dengan roda belakang ketika gas dibuka. Jika kampas ganda sudah aus atau kotor, proses transfer tenaga akan terganggu. Ini yang sering jadi penyebab motor terasa sulit melaju dengan baik, terutama di tanjakan. Kampas ganda yang aus harus segera diganti, sementara yang kotor cukup dibersihkan.

4. Pulley yang Kotor atau Aus

Pulley pada CVT berfungsi sebagai tempat berputarnya V-Belt. Jika pulley dalam kondisi kotor atau aus, putaran V-Belt jadi tidak maksimal, sehingga tenaga yang dihasilkan motor pun berkurang. Cek kondisi pulley dan bersihkan secara berkala dari kotoran atau debu yang menempel. Jika pulley sudah aus, sebaiknya segera diganti agar tidak merusak komponen lain dalam CVT.

5. Kurangnya Perawatan CVT

CVT adalah komponen yang rentan terhadap debu dan kotoran. Jika motor sering digunakan di jalan berdebu atau hujan, kotoran bisa menumpuk di dalam rumah CVT. Kotoran ini dapat mengganggu kinerja komponen-komponen di dalamnya, seperti pulley, roller, dan V-Belt, sehingga performa motor jadi menurun saat menghadapi tanjakan. Pastikan kamu rutin melakukan servis CVT setiap 8.000-10.000 km untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor dan memastikan kinerjanya tetap optimal.

6. Penggunaan Bensin Berkualitas Rendah

Kualitas bahan bakar juga bisa mempengaruhi performa motor matik, terutama saat menghadapi tanjakan. Bensin dengan oktan rendah bisa membuat pembakaran di ruang mesin kurang sempurna, sehingga tenaga yang dihasilkan mesin tidak maksimal. Sebaiknya, gunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan spesifikasi motor, terutama jika motor sering dipakai untuk perjalanan jauh atau melewati medan tanjakan.

7. Mesin Overheat

Saat melewati tanjakan, mesin bekerja lebih keras. Jika sistem pendingin motor tidak berfungsi dengan baik atau sudah waktunya servis, mesin bisa mengalami overheat. Mesin yang terlalu panas akan membuat performa motor menurun, terutama saat menghadapi medan berat seperti tanjakan. Pastikan motor memiliki sistem pendingin yang baik, baik itu melalui sirkulasi oli maupun radiator (untuk motor yang menggunakan pendingin cair).

8. Kampas Rem Seret

Meskipun terlihat sepele, kampas rem yang seret atau terlalu menempel pada piringan rem juga bisa membuat motor terasa berat saat naik tanjakan. Jika kampas rem terlalu rapat, roda belakang akan terasa tertahan, dan motor kehilangan tenaga saat menanjak. Solusinya, cek kondisi kampas rem secara berkala dan pastikan jaraknya tidak terlalu rapat dengan piringan rem.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan motor matik terasa lemah saat tanjakan, mulai dari V-Belt yang aus, roller yang tidak seimbang, hingga perawatan CVT yang kurang optimal. Rutin melakukan pengecekan dan servis pada komponen CVT sangat penting agar performa motor tetap optimal, terutama saat melewati tanjakan atau medan berat. Dengan menjaga CVT dan komponen lainnya dalam kondisi prima, kamu bisa menikmati perjalanan tanpa khawatir motor loyo di tanjakan!

Post Views: 239
Source: Honda
Tags: CVTHondaMotor MaticPenyebabPerforma motorTanjakan
ADVERTISEMENT
Previous Post

Polisi Tangkap Empat Tersangka Penipuan Calon Tenaga Kerja di Wilayah Serang

Next Post

Organisasi Mahasiswa Hamas Adakan Diskusi Publik Hearing Bersama Calon Walikota Serang

Related Posts

PT PMT Cikande Ternyata Sumber Radioaktif Cs-137, Sisa Peleburan Jadi Penyebab

PT Peter Metal Technology (PMT) Kawasan Industri Modern Cikande. Dok(Nurlan)

PT Peter Metal Technology (PMT) Kawasan Industri Modern Cikande. Dok(Nurlan)

by Walan. Id
3 Oktober 2025
0
0
ShareTweetShare

Cemaran Radioaktif Cs-137 Mengintai Warga Sekitar Industri Modern Cikande

Potensi Cemaran Radioaktif Cs-137 menyelimuti Warga sekitar Kawasan Industri Modern Cikande. Dok (Nurlan)

Potensi Cemaran Radioaktif Cs-137 menyelimuti Warga sekitar Kawasan Industri Modern Cikande. Dok (Nurlan)

by Walan. Id
3 Oktober 2025
0
0
ShareTweetShare

Kasus Cemaran Radiasi Cesium-137 di Cikande, KLH Siapkan Gugatan Pidana dan Perdata

by Walan. Id
2 Oktober 2025
0
0
ShareTweetShare

Soal Paparan Radioaktif di Kawasan Modern Cikande, KLH Gugat Dua Perusahaan

Menteri LH Hanif Faisol Nurofiq resmi menggugat dua perusahaan soal paparan radioaktif. Dok. (Ist)

Menteri LH Hanif Faisol Nurofiq resmi menggugat dua perusahaan soal paparan radioaktif. Dok. (Ist)

by Walan. Id
30 September 2025
0
0
ShareTweetShare

Kunjungi Ponpes Bai Mahdi, Duta Besar UEA Abdulla Salem Siap Majukan Pesantren

by Walan. Id
30 September 2025
0
0
ShareTweetShare

Pemdes Desa Mandaya Kabupaten Serang Gelar Santunan Anak Yatim – Piatu

by Walan. Id
26 September 2025
0
0
ShareTweetShare
Next Post

Organisasi Mahasiswa Hamas Adakan Diskusi Publik Hearing Bersama Calon Walikota Serang

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Pergunu Banten Resmi Dilantik Masa Khidmat 2025-2030.dok (istimewa)

Resmi Dilantik, Pergunu Banten Siap Tingkatkan Kualitas Guru NU

1 minggu ago
0

Terjadi Perdebatan Antara Petugas ASDP dan Pemudik di Antrean Tiket Masuk Kapal

6 bulan ago
0

Berita Terpopuler

    PT Peter Metal Technology (PMT) Kawasan Industri Modern Cikande. Dok(Nurlan)

    PT PMT Cikande Ternyata Sumber Radioaktif Cs-137, Sisa Peleburan Jadi Penyebab

    by Walan. Id
    3 Oktober 2025
    0
    0

    Walan.id - PT Peter Metal Technology (PMT) di Kawasan Modern Cikande Kabupaten Serang ditetapkan sebagai sumber cemaran radioaktif Cs-137 oleh...

    Potensi Cemaran Radioaktif Cs-137 menyelimuti Warga sekitar Kawasan Industri Modern Cikande. Dok (Nurlan)

    Cemaran Radioaktif Cs-137 Mengintai Warga Sekitar Industri Modern Cikande

    by Walan. Id
    3 Oktober 2025
    0
    0

    Walan.id - Warga sekitar Kawasan Industri Modern Cikande Kabupaten Serang Banten, masih beraktivitas seperti biasanya, Meski cemaran radioaktif cesium-137 mengintai...

    PT BMS Liburkan Ribuan Karyawan Akibat Cemaran Radioaktif Cesium-137

    by Walan. Id
    3 Oktober 2025
    0
    0

    Walan.id - Karyawan PT Bahari Makmur Sejati (BMS) saat ini masih diliburkan lantaran Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bersama Kementerian Lingkungan...

    Kodim 0602/Serang Berkolaborasi dengan PT Indah Kiat, Salurkan Bantuan Pengeboran Air Bersih

    by Walan. Id
    2 Oktober 2025
    0
    0

    Walan.id - Melalui program karya bakti TNI, Kodim 0602/Serang bekerjasama dengan PT Indah Kiat salurkan bantuan pengeboran air bersih ke...

    Walan.id
    adalah situs Portal Media Online yang bertujuan menyajikan konten berita terkini dan informatif.
    089528994714
    redaksiwalanid@gmail.com
    Facebook Twitter Youtube

    Category

    • Pemerintah
    • Nasional
    • Teknologi
    • Ekonomi dan Bisnis
    • Politik
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Wisata
    • Daerah
    • Lifestyle
    • Peristiwa
    • Advetorial

    © 2024 Walan.id

    • Redaksi
    • Pedoman Media Siber
    • Privacy Policy
    No Result
    View All Result
    • Home
    • Pemerintah
    • Nasional
    • Teknologi
    • Ekonomi dan Bisnis
    • Politik
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Wisata
    • Daerah
    • Lifestyle
    • Peristiwa
    • Advetorial

    © 2024 Walan.id